Mencoba mengisi waktu disela sore hari ini, browsing mencari tulisan jurnal yang mungkin akan membantu menambah ide-ide dalam tulisan kedepannya. Tak ada yang menemani seperti pisang goreng ataupun kopi hehe 🙂 .

Dimulai lembar demi lembar halaman google dan memasuki kata kunci yang berhubungan dengan ilmu komputer khususnya “jaringan komputer“. Sejauh ini jurnal yang saya buat tidak begitu baik , apalagi dalam ide-ide terkini untuk menembus jurnal internasional.

Setelah beberapa saat browsing, akhirnya naaaah! dapatlah sebuah jurnal yang bertema IP Address V4 dan IP Address V6, akan tetapi dahi saya cukup mengkerut membaca jurnal tersebut. Yaaaa, jurnal tersebut berupa perbandingan penerapan dalam routing IP Address yang hasil akhirnya menemukan nilai-nilai Throughput, Delay dan Packet loss.

Setelah melihat nilai-nilai yang dihasilkan komponen tersebut, rasanya jurnal ini seperti unfaedahKenapa saya berpendapat seperti ini ?, karena konsep yang digunakan adalah sama routing static. Hasil yang didapat tidak begitu jauh, perhatikan gambar dibawah ini :

Hasil Tes IPv4
Hasil Tes IPv4

 

Hasil Tes IPv6
Hasil Tes IPv6

Bisa kita lihat perbedaan sangat sedikit dikarenakan konsep yang sama routing static. Jurnal seperti ini tidak akan menghasilkan hal yang signifikan.

Saya berpendapat bahwa jurnal ini perlu dikombinasikan dengan ilmu statistik. Mengapa begitu? hasil dari tabel diatas menunjukkan bahwa hasil percobaan begitu dekat dan tidak terlihat perbedaan yang sangat jauh, nah untuk melihat apakah ada perbedaan perlu menggunakan metode perhitungan paired sample t test jika mengambil nilai tes sesudah atau sebelum, jika menguji hal yang berbeda dan tidak menggunakan “sesudah sebelum” maka menggunakan independent sample t test. Sehingga dari metode perhitungan statistik tersebut penulis bisa mempunyai dasar untuk mengambil kesimpulan bahwa mana yang lebih baik dari nilai komponen-komponen yang di ujikan.

Jika ada pendapat yang mengatakan bawah dengan menambahkan metode ilmu statistik maka penelitian ini adalah jurnal statistik bukan jurnal komputer, maka saya menjawab “TERSERAH” itu pendapat anda. Saya hanya ingin menambahkan dan menguraikan agar tulisan tersebut mampu punya dasar dalam menarik kesimpulan dari nilai komponen-komponen yang diujikan.

Uraian diatas adalah pendapat saya, jika ada kalimat atau kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Hari sudah menjelang sore dan maghrib tak lama lagi. Untuk para pembaca (laki-laki) bersegeralah ke masjid/mushola. Terimakasih telah mengunjungi blog saya.