Link VLAN

VLAN dibangun menggunakan berbagai perangkat, seperti switch, router, PC dan sebagainya. Tentunya diperlukan hubungan atau link diatara perangkat-perangkat tersebut. Link seringkali disebut interface. Ada dua jenis link yang digunakan , yaitu :

  • Access Link. Access Link merupakan tipe link yang umumnya dan dimiliki oleh hampir semua jenis switch VLAN. Access Link lazimnya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan switch. Access Link tidak lain merupakan port switch yang sudah terkonfigurasi. Selama proses transfer data, switch akan membuah informasi tentang VLAN. Anggota suatu VLAN tidak bisa berkomunikasi dengan anggota VLAN yang lain, kecuali jika dihubungkan oleh router. Access Link mendukung teknologi Ethernet biasa (10Mbps) hingga Fast Ethernet (100Mbps)
  • Trunk Link. Istilah Trunk diambil dari sistem telepon yang dapat mengangkut beberapa percakapan sekaligus (multiple conversation). Trunk Link digunakan untuk menghubungkan switch dengan switch yang lain, switch dengan router, atau switch dengan server. Jadi, port telah dikonfigurasikan untuk dilalui berbagai VLAN (tidak hanya sebuah VLAN). Trunk link hanya mendukung teknologi Fast (100Mbps) atau Gigabit (1000Mbps) Ethernet. Sebab Trunk Link lazimnya dihubungkan dengan network backbone berkecepatan tinggi. Wajar jika kebutuhannya lebih tinggi dibandingkan Access Link. Untuk memudahkan memahami kedua link tersebut, banyaknya saja Access Link seperti jalan menuju pekarangan rumah, sedangkan Trunk Link seperti jalan umum. Lazimnya, jalan umum boleh dilalui oleh semua pengguna jalan, sedangkan jalan menuju pekarangan rumah hanya dilalui oleh pemilik rumah atau mereka yang ingin berkunjung ke rumah tersebut. Perhatikan dua buah gambar ilustrasi yang menjelaskan perbedaan kedua link tersebut.

 

Gambar 1
Gambar 1
Ilustrasi Access Link Dan Trunk Link
Ilustrasi Access Link Dan Trunk Link