Topologi dapat diartikan layout atau arsitektur atau diagram jaringan komputer. Topologi suatu aturan/rules bagaimana menghubungkan komputer (node) secara fisik. Topologi berkaitan dengan cara komponen-komponen jaringan (seperti server, point to point (P2P), Multipoint.

Digram Berbagai Topologi

Topologi Point to Point hanya melibatkan dua buah komputer saja. Misalkan dua buah komputer yang berkomunikasi via modem. Komunikasi dua buah komputer via kabel null modem atau laplink atau LASER, merupakan contoh lain implementasi topologi ini. Karena media , transmisi data hanya digunakan oleh dua buah komputer maka metode akses dan protokol yang digunakan umumnya relatif sederhana.

Sedangkan topologi multipoint melibatkan lebih dari dua komputer. Inilah yang lazim disebut sebagai topologi jaringan sebagaimana yang banyak dikenal orang. Contoh topologi yang termasuk multipoint adalah :

  • Bus
  • Star
  • Ring
  • Tree

Bagaimana dengan topologi mesh? Sebagsimana ahli menyebutkan bahwa topologi mesh sebenarnya termasuk dalam kategori point to point. Agar tidak menyebabkan tertentangan hanya karena perbedaan pendapat.