SAAS

SAAS (Software As A Service) merupakan jenis layanan yang diberikan oleh teknologi Cloud Computing kepada para penggunanya dalam bentuk pemakaian bersama perangkat lunak (aplikasi). Umumnya layanan SAAS disediakan dalam bentuk tatap muka berbasis web. Bisa dikatakan SAAS merupakan jenis layanan Cloud Computing yang paling banyak digunakan dan paling mudah digunakan oleh para pengguna komputer, khususnya pengguna akhir yang tidak terlalu membutuhkan pengetahuan teknis didalam instalasi dan konfigurasi. Cukup dengan sebuah komputer/perangkat mobile, sistem operasi, aplikasi web browser, dan koneksi internet atau internet saja, seorang pengguna komputer dapat dengan mudah menggunakan layanan Cloud Computing tipe SAAS ini.

Para penyedia layanan Cloud Computing dalam bentuk SAAS akan menyajikan layanan kepada pengguna tatap muka web (website) dengan disertai satu atau beragam aplikasi bisnis didalamnya. Dewasa ini , ada sangat banyak teknolgi yang dapat diterapkan didalam website agar tampilan menarik dan kemampuan (user experience) dari aplikasi bersangkutan akan makin atraktif menyerupai aplikasi dekstop pada umumnya (yang diinstall dan dijalankan secara offline dikomputer).

Berikut adalah beberapa buah layanan Cloud Computing berbasis SAAS yang dapat Anda gunakan secara online melalui koneksi internet :

1. Layanan e-mail dari Yahoo (https://mail.yahoo.com) dan Google (https://mail.google.com)

2. Layanan Collaboration Application dari ZOHO (https://zoho/business-apps.html)

4. Layanan Customer Relationship Manager (CRM) dari Salesforce (https://salesforce.com/ap/?ir=1).

Untuk memudahkan anda didalam memahami materi tentang ketiga jenis layanan pada Cloud Computing (SAAS, PAAS, dan IAAS) maka disajikan sebagai berikut ini :

Bagan
Bagan