PAAS (Platform As A Service)

PAAS (Platform As A Service) atau cloud PAAS merupakan jenis layanan pada Cloud Computing yang menekankan kepada penyediaan platform untuk membantu proses pengembangan perangkat lunak secara mudah. Layanan platform yang disediakan oleh cloud PAAS umumnya juga berbasis web, dimana didalamnya telah tersedia banyak fitur yang memudahkan programmer dan pengguna awam didalam mengembangankan aplikasi tanpa memerlukan banyak proses penulisan sumber kode (coding).

Didalam cloud PAAS juga terdapat skalabilitas, kontrol akses, serta sisi keamanan. Hal lainnya yang disajikan oleh cloud PAAS melalui layanan platformnya adalah kemudahan integrasi yang baik dengan perangkat lunak lainnya yang berada dalam satu platform serta menyediakan konektor untuk sistem di luar jaringan Cloud Computing. PAAS akan menjadi trend pengembangan perangkat lunak di masa depan. Hal ini menjadikan PAAS terkadang disebut juga cloudware.

Saat ini di internet tersedia banyak sekali layanan online dan aplikasi open source yang dapat Anda gunakan untuk menikmati layanan cloud PAAS. Beberapa aplikasi ini dapat Anda coba sendiri dijaringan lokal (intranet) atau pada sebuah komputer. Umumnya jenis Cloud seperti ini termasuk ke dalam Private Cloud. Beberapa contoh aplikasi open source dan layanan online berbasis cloud PAAS antar lain sebagai berikut :

1. Amazone Web Service (http://aws.amazone.com)

2. Windows Azure (http://www.windowsazure.com/en-us

Sedangkan beberapa aplikasi open source yang dapat Anda gunakan untuk layanan cloud PAAS antara lain sebagai berikut :

1. Cloudify (http://www.cloudifysource.org)

2. Flynn (http://www.flyn.io)

3. Open Stack (http://www.openstack.org)

4. PAAS Maker (http://paasmaker.org)

Menurut Tarun didalam tulisan yang berjudul Demystifing SAAS, PAAS, And IAAS (http://sgae2enetworks.com/2010/05/03/demystifying-saas-paas-and-iaas/), cloud PAAS dapat dikategorikan menjadi empat bagian berdasarkan produk atau layanan platform yang diberikannya. Keempat bagian tersebut yaitu :

1. Social Application Platform, yaitu platform cloud PAAS yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi jejaring sosial (social network). Contoh utama untuk jenis ini adalah facebook.com. Facebook.com disediakan platform cloud PAAS untuk membantu pihak ketiga didalam mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna awam.

2. Raw Compute Platform, yaitu platform cloud PAAS yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi berbasis komputasi raw. Contoh utama untuk jenis ini adalah Amazone. Amazone menyediakan platform kepada para pengembang perangkat lunak, dimana mereka dapat membuat, mengunggah dan menjalankan aplikasi-aplikasi untuk komputasi raw.

3. Web Application Platform, yaitu platform cloud PAAS yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi berbasis web. Contoh utama jenis ini adalah Google. Selain sebagai mesin pencari (search Engine), Google juga menyediakan layanan Cloud PAAS berupa platform, dalam hal ini API (Application Programming Interface/antarmuka pemrograman aplikasi). API yang disediakan oleh Google dapat membantu para pengembang perangkat lunak didalam pembuatan aplikasi berbasis web. Sebagai contoh, API Google Map yang membantu didalam pembuatan aplikasi berbasis web untuk pencarian dan penentuan lokasi.

4. Business Application Platform. Yaitu platform cloud PAAS yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi bisnis. Terdapat beragam aplikasi bisnis baik closed source maupun open source yang disediakan dengan berbasis Cloud.