Pada teknologi Cloud Computing, terdapat tiga model layanan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Ketiga model layanan yang disajikan oleh Cloud Computing tersebut meliputi IAAS, PAAS dan SAAS. Pembagian jenis layanan ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu menyesuaikan keperluan dari pengguna, sehingga pengguna dapat terbantu dengan adanya layanan yang disajikan tersebut.

1. IAAS

IAAS (Infrastructure As A Service) atau Cloud IAAS merupakan jenis layanan pada Cloud Computing yang menekankan kepada layanan penyediaan sarana jaringan komputer (computer network), perangkat keras jaringan, komputer server, media penyimpanan (storage), processor, beserta dengan proses virtualisasi yang menunjang proses komputasi. Pada IAAS disediakan fitur yang sangat bermanfaat bagi para pengguna. Fitur-fitur tersebut antara lain berupa :

Pilihan Virtual Machine (VM) yang sangat beragam, Virtualisasi merupakan salah satu kunci kekuatan dari Cloud Computing.

  1. Penyediaan pre OS installed (sistem operasi yang telah terinstall secara langsung), sehingga sangat membantu pengguna yang tidak terlalu mengetahui tetang teknik serta lebih praktis.

  2. Penyediaan storage (media penyimpanan data) pada beberapa buah server mirror (cermin) sehingga lebih aman bagi pengguna dan kelangsungan data di dalamnya.

  3. Tersedia fitur untuk melakukan proses optimasi (optimization)

  4. Meyediakan beragam aplikasi (perangkat lunak / tool) untuk sejumlah tujuan. Antara lain untuk melakukan pemrosesan multi data, manajemen aplikasi, penyediaan sumber daya untuk aplikasi , serta perhitungan-perhitungan rumit.

Terdapat banyak sekali penyedia layanan Cloud IAAS didunia, dengan jenis pembayaran bulanan, tahunan ataupun pas as you go (bayar sesuai yang anda perlukan saja). Anda dapat mengecek dan mencobanya jika diperlukan. Sangat banyak yang menawarkan jenis layanan cuma-cuma (gratis), trial (dapat dicoba gratis selama beberapa waktu) atau tawaran harga yang bersaing dengan jenis layanan serupa. Beberapa layanan menyediakan infrastruktur , beberapa lainnya dalam bentuk hosting. Berikut adalah daftar penyedia layanan Cloud IAAS di dunia beserta dengan alamat (URL) yang dapat diakses secara online : https://aws.amazone.com/free.

Selain dalam bentuklayanan online, Anda juga dapat menyediakan sendiri layanan berbasis Cloud Computing untuk jenis layanan IAAS, dengan menggunakan sejumlah aplikasi open source. Perlu diketahui bahwa open source bukanlah freeware, sehingga tidak selalu aplikasi open source bersifat gratis. Beberapa diantaranya berbayar. Berikut adalah sejumlah aplikasi open source yang dapat Anda gunakan untuk menyediakan layanan Cloud IAAS. Anda dapat mengecek lebih lanjut ke alamat (URL) yang disertakan untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai fitur yang disajikan, biaya, kelebihan yang dimiliki dan lain-lain :

1. https://cloudstack.apache.org

2. https://abiquo.com

3. https://www.3tera.com

4. https://conviture.com

5. https://elasticstack.com