Soal latihan bagian 1

  1. Sistem komputer terdiri dari tiga komponen utama yang saling terkait satu dengan yang lain, yaitu ?
  2. …….. merupakan komponen perangkat lunak, yang dibuat oleh pembuat perangkat keras, untuk mengatur cara kerja perangkat keras tersebut dan berhubungan dengan bagian dari sistem komputer.
  3. Prosesor merupakan tempat kode instruksi program dieksekusi. Prosesor ini terdiri dari ……….,…………,………..
  4. Ketika terjadi pembacaan / penulisan ke peranti I/O, biasanya data tersebut ditampung semenatra di …… yang berfungsi untuk menjembatani perbedaan kecepatan antara keduanya.
  5. Prosesor memiliki banyak jenis register, antara lain ……. yang diguankan untuk menyimpan aalmat memori (alamat relatif) dari instruksi/data yang akan dieksekusi.
  6. ……….., adalah sinyal yang dibangkitkan oleh perangkat keras atau perangkat lunak untuk meminta prosesor menghentikan sementara eksekusi yang sedang dilakukan dan memintanya untuk melakukan tugas tertentu.
  7. Interrupt dapat dikenali prosesor berdasarkan…………….
  8. Sebelum diletakkan di register-register prosesor, kode instruksi program dan data yang akan dieksekusi akan disimpan dulu di ………………..
  9. Komponen-komponen internal pada perangkat keras komputer akan saling berkomunikasi dalam melaksanakan tugas melalui………………
  10. Sistem bus pada komputer terdiri dari……………….,…………………,dan……….
  11. Pengaksesan peranti-peranti I/O oleh prosesor tidak boleh dilakukan secara langsung, tetapi harus melalui …….. karena beragamnya karakteristik peranti I/O
  12. Umumnya kecepatan BUS I/O lebih ………… dibandingkan kecepatan sistem bus internal komputer.
  13. …………..pada motherboard berisi instruksi untuk inisiasi dan komunikasi dari prosesor , memori, dan subsistem I/O lainnya yang terintegrasi dalam motherboard tersebut.
  14. Perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola seluruh komponen dan sumber daya komputer agar dapat digunakan secara optimal disebut…………….
  15. ………………….merupakan program yang berjalan diatas sistem operasi dan menyediakan fasilitas dan antarmuka langsung ke pengguna serta ditujukan membantu menyelesaikan pekerjaan pengguna.