Latihan Soal

  1. Pada komputer generasi pertama, program dituliskan pada ……… dimana ada/tidaknya lubang pada suatu posisi kartu mewakili nilai biner (1 atau 0).
  2. Pada tahun 1960-an, istilah sistem operasi belum populer, istilah yang digunakan pada saat itu adalah ……
  3. Sistem ……. dikembangkan kerena seringkali mainframe harus menganggur ketika terjadi pergantian job.
  4. Sistem operasi komersil berbasis grafis pertama adalah …….
  5. Dua fungsi utama dari sistem operasi adalah …………………. dan ………………
  6. Sistem operasi terdiri dari banyak rutin-rutin yang menjalankan tugas tertentu. Rutin-rutin tersebut dikelompokkan menjadi empat kategori bersar, yaitu ……………………
  7. Manajemen ……………… bertugas mengatur agar proses-proses yang sedang berjalan secara simultan tidak saling mengganggu, terutama dalam memperebutkan penggunaan prosesor.
  8. Manajemen ………….. bertugas mengatur supaya ruang memori yang sangat terbatas dapat digunakan oleh banyak proses tanpa saling mengganggu.
  9. Buffering, caching, dan spooling merupakan beberapa contoh tugas yang harus dilakukan oleh sistem operasi yang berada pada komponen manajemen ……………
  10. Setiap sistem operasi umumnya memiliki spesifikasi system call standar, misalnya ………………. menggunakan POSIX sebagai standar atau Ms Windows menggunakan ……………….
  11. Pada sistem yang menerapkan sistem proteksi, rutin-rutin program aplikasi berjalan pada modus ……………. sehingga hanya instruksi yang ‘aman’ saja yang dapat dieksekusi.
  12. MSDOS dan UNIX merupakan contoh sistem operasi yang berstruktur …………….
  13. Pada UNIX dilakukan pemisahan antara program aplikasi dan sistem operasi. Program aplikasi hanya dapat mengakses rutin-rutin sistem operasi melalui mekanisme ……………..
  14. Pada sistem operasi berstruktur ………………….. sebagian besar kode sistem operasi dijalankan blok modular yang berjalan pada modus user.
  15. ………………….. memiliki tugas untuk memfasilitasi komunikasi proses program aplikasi (client process) dengan proses sistem operasi.