Penelitian dalam bahasa Inggris “research” berasal dari kata re dan to search yang kalau peneliti terjemahkan secara bebas berarti mencari kembali. Ini menunjukkan bahwa penelitian adalah suatu proses yang berbentuk siklus bersusun yang berkesinambungan tanpa batas.

Penelitian dimulai dari hasrat keingintahuan atau permasalahan, kemudian diteruskan dengan penelaahan landasan teori dalam kepustakaan untuk mendapatkan jawaban sementara atau sering disebut hipotesis, kemudian dirancang dan dilakukan pengumpulan fakta atau data untuk menguji hipotesis melalui analisis data, sehingga diperoleh kesimpulan untuk menjawab permasalahannya.

Penelitian dimulai dari hasrat keingintahuan atau permasalahan, kemudian diteruskan dengan penelaahan landasan teori dalam kepustakaan untuk mendapatkan jawaban sementara atau sering disebut hipotesis

Dengan terjawabnya permasalahan tadi atau dalam proses pemecahan permasalahan tadi akan muncul permasalahan baru, dengan demikian siklus di atas akan terulang secara berkesinambungan sampai tak terbatas. Siklus tersebut secara skematis dapat digambarkan sebagai yang tertera pada gambar dibawah.

Penelitian dalam bahasa Inggris “research” berasal dari kata re dan to search yang kalau peneliti terjemahkan secara bebas berarti mencari kembali.

Sifat dari siklus penelitian ilmiah ini berbentuk spiral dialektis yang mempunyai pengertian bahwa penelitan yang bersifat berkesinambungan secara tak terbatas akan selalu mendapatkan yang lebih baik pada penelitian yang berikutnya, dengan hasil awal penelitian yang telah dicapai.

Siklus Dari Sebuah Penelitian
Siklus Dari Sebuah Penelitian

Sumber : Metodologi Penelitian Teknologi Informasi – Rudy Setiawan