STRUKTUR KENDALI SISTEM OPERASI

Agar dapat melakukan pengolalaan sumber daya untuk proses-proses, sistem operasi harus memiliki informasi mengenai status setiap proses dan sumber daya yang sedang diaksesnya. Setiap saat sistem operasi harus mengetahui seluruh sumber daya baik memori, peranti I/O, maupun berkas yang sedang diakses oleh masing-masing proses. Sistem operasi membentuk dan memelihara struktur data yang menyimpan dasar bagi sistem operasi mengendalikan seluruh sumber daya komputer, struktur data ini disebut dengan struktur kendali. Contoh ringkas struktur kendali sistem operasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Struktur Kendali Sistem Operasi
Struktur Kendali Sistem Operasi

Struktur kendali ini umumnya berupa tabel-tabel yang berisi daftar sumber daya beserta atributnya yang sedang digunakan oleh prosesor-prosesor yang aktif. Masing masing bagian struktur kendali sistem operasi akan dijelaskan dibagian berikut.

TABEL MEMORI (MEMORY TABLE)

Tabel memori digunakan untuk mencatat alokasi memori utama (main memory) dan memori maya (virtual memory). Memori hanya menempati ruang pada memori sekunder, seperti disk dapat dilihat sebagai perluasan atau ekstensi dari memori utama. Tabel ini berisi alokasi memori utama untuk proses-proses, alokasi memori maya untuk proses-proses, atribut proteksi terhadap memori utama dan maya, serta informasi yang diperlukan untuk mengatur memori maya.

TABEL I/O (I/O TABLE)

Tabel I/O digunakan untuk mencatat status peranti I/O dan mengetahui apakah saluran (chanel) sistem komputer dalam keadaan bebas atau sedang terpakai. Sistem operasi pun perlu mengetahui status operasi I/O dan lokasi penyalinan/pembacaan datanya di memori utama, baik sebagai lokasi tujuan ataupun lokasi asal.

TABLE BERKAS (FILE TABLE)

Tabel berkas mencatat informasi berkas-berkas yang diakses oleh proses seperti lokasinya di media penyimpanan, statusnya pada saat ini, hak aksesnya, serta atribut berkas lainnya. Informasi-informasi yang dicatat pada tabel berkas digunakan oleh komponen manajemen berkas.

TABEL PROSES (PROCESS TABLE)

Tabel proses mencatat informasi mengenai status dari setiap proses. Informasi status dari proses-proses inilah yang akan digunakan sistem operasi untuk mengatur penjadwalan eksekusi proses. Umumnya tabel proses diimplementasikan sebagai sautu link list seperti tampak pada gambar diatas. Masing-masing rekaman pada list berisi referensi atau pointer ke image, alokasi memori utama dari proses.