Untuk menghitung bisa menggunakan mengkonfigurasi Virtual berapa jumlah server sebuah dengan rumus sederhana. Sebagai contoh, saat ingin mengkonfigurasikan server dengan fitur tertentu pada Microsoft Exchage, dibutuhkan minimal sebuah server dengan konfigurasi Dual Core.

Dual core berarti jumlah mesin inti pengolah processor ada dua buah. Dual processor jika processor secara fisik ada dua buah. Jadi ada perbedaan jelas antara dual core dan dual processor. Dual processor dengan dual core pada setiap processor berarti total memiliki quad core (4 inti mesin).

Sebagai ilustrasi, jika user hendak menjalankan 6 (enam) VM dengan spesifikasi sebagai berikut :

Server Core Processor RAM Storage
SRV001 Octa Core (8) 16GB 4TB
SRV002 Octa Core (8) 8GB 3TB
SRC003 Quad Core (4) 8GB 2TB
SRV004 Quad Core (4) 4GB 1TB
SRV005 Dual Core (2) 4GB 500GB
SRV006 Single Core (1) 2GB 500GB

Arti kebutuhan untuk seluruh server virtual itu (jika dijumlahkan) adalah processor sebesar 27 core dan RAM sebesar 42GB.

Untuk menghitung seberapa maksimal sebuah server fisik dapat menjalankan VM secara bersamaan menggunakan rumus sebagai berikut :

M = 2 * N

Dimana :
M = Jumlah total processor Processor fisik
N = Jumlah total core yang tersedia pada komputer fisik (host server)

Pada kasus diatas berarti :
M = 2.N
27 = 2.N
N = 27/2
N = 14,5 (dibulatkan 15)

Dari perhitungan diatas sangat jelas bahwa untuk menjalankan 6 VM harus menyediakan server dengan total minimal 15 core. Jika kita menggunakan Intel Xeon 8 Core, maka menggunakan dual Processor.

Sedangkan menghitung kebutuhan kapasitas RAM pada server fisik dapat dilakukan dengan mudah. Pada perhitungan diatas , total kebutuhan memory adalah 40 GB. Itu artinya user harus memasang konfigurasi RAM 4 slot, dengan item 2 slot x 8GB + 2 slot 16GB. Bisa juga opsi kedua dengan 2 slot x 8GB + 1 slot 16GB. Tapi opsi kedua tidak disarankan karena tidak menjalankan konfigurasi quad channel pada RAM (4 slot).