Komponen lain dari sistem komputer adalah faktor pengguna  atau operator komputer. Pengguna merupakan suatu integral dari suatu sistem komputer. Sistem komputer tidak akan bermanfaat jika tidak ada pengguna yang berkepentingan menggunakannya. Sejarah perkembangan komputer menunjukkan bahwa usaha pengembangan komputer, baik perangkat keras dan perangkat lunaknya diarahkan pada usaha mempermudah pengguna dalam menggunakan komputer. Pengguna sistem komputer dapat dibedakan atas :

  1. Pemrogram Sistem
  2. Pemrogram Aplikasi
  3. Pengguna Aplikasi

Pemrogram Sistem

Salah satu keistimewaan sistem komputer adalah perangkat lunak yang akan dijalankan pada komputer dapat dikembangkan langsung dengan komputer juga. Pengguna yang menggunakan sistem komputer untuk membuat perangkat lunak seperti sistem operasi dan aplikasi sistem disebut sebagai pemrograman sistem.

Pengguna pada level ini harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai cara kerja perangkat kera komputer, konsep yang kuat mengenai perangkat lunak sistem serta menguasai tool-tool pengembangan perangkat lunak yang tersedia.

Pemrograman Aplikasi

Program aplikasi adalah pengguna sistem komputer yang membuat aplikasi-aplikasi pengguna yang dijalankan diatas sistem operasi. Setiap aplikasi berkaitan dengan suatu permasalahan khusus yang hendak diselesaikan dengan bantuan komputer. Misalnya adalah LibreWriter adalah aplikasi khusus untuk pengolah kata. 

Pengguna level ini harus menguasai salah satu bahasa pemrograman, dapat menggunakan salah satu tool pemrograman serta menguasai permasalahan serta solusi untuk aplikasi yang hendak dikembangkan.

Pengguna Aplikasi

Pengguna ini menggunakan aplikasi yang dibuat oleh pemrogram aplikasi maupun pemrogram sistem. Pengguna pada level ini tidak dituntut untuk memiliki pengetahuan mengenai perangkat keras dan perangkat lunak sistem. Persyaratan minimal, pengguna aplikasi mampu bekerja dengan peranti I/O pada komputer memahami pengguna program aplikasinya.