TCP Multiplexing

Beberapa aplikasi network dapat diaktifkan pada saat bersamaan. Sebagai contoh, kita dapat membuka beberapa Web Browser, membaca e-mail, melakukan download menggunakan FTP client dan membuaka aplikasi lainnya. Masing-masing aplikasi akan dilayani oleh servis-servis yang sesuai. Inilah yang disebut multiplexing.

Multiplexing adalah proses menggunakan beberapa stream dalam sebuah koneksi. TCP menyediakan fasilitas multiplexing dengan memanfaatkan port asal dan tujuan (source and destination port). Banyangkan saja multiplexing seperti sebuah jalan yang terdiri atas beberapa jalur. Masing-masing jalur akan dilalui oleh data stream yang berhubungan dengan aplikasi tertentu.

Masing-masing servis sudah memiliki nomor port tertentu. Berikut ini daftar port untuk beberapa service yang populer. Tentu saja masih cukup banyak servis-servis yang belum dicantumkan pada tabel tersebut.

Port

Nama Servis

21

File Transfer Protocol (FTP)

22

Secure Shell (SSH)

23

Telnet

25

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)

53

Domain Name System (DNS)

80

Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

443

HTTPS

Multiplexing juga terjadi manakala data dirikim menggunakan protokol UDP. Kadangkala nomor port disebut sebagai nomor socket (socket number). Nomor port untuk servis-servis yang sudah dikenal ditentukan oleh IANA (Internet Assigned Number Authority).