A. Memulai Koneksi

Proses memulai koneksi menggunakan protokol TCP dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut. Perhatikan ilustrasi proses koneksi yang melibatkan komputer A dan komputer B

Gambar 1
Gambar 1

  1. Komputer A hendak melakukan koneksi dengan komoputer B. Komputer A memulainya dengan mengirim segmen berisi flag SYN (synchronize) dan INS (Initial Sequence Number) atau ISS (Initial Send Sequence) kepada komputer B. INS merupakan bilangan (sepanjang 32 bit) yang dipilih secara random. Misalkan nomor yang dipilih ada 100.
  2. Komputer B menerima segmen SYN. Kemudian mengirim segmen ACK (Acknowledge) sebagai tanda bahwa B sudah menerima segmen SYN dari A. ACK ini tidak lain adalah INS yang sudah dinaikkan nilainya. Misalnya jika INS dari A adalah 100, maka ACK menjadi INS + 1 atau 101. Selain itu, B juga mengirimkan segmen SYN kepada A. Misalkan saja SYNC kepada A, Misalkan saja SYN dari B adalah 300.
  3. Komputer A menerima segmen SYNC + ACK dari B. Komputer A mengirim segmen ACK yang nilainya adalah SYNC + 1 (nilainya dinaikkan), sehingga menjadi 301. Setelah melalui 3 tahapan tersebut (3 -way-handshake) selanjutnya koneksi dapat terjalin (connection established).

Ilustrasi lain proses 3-way-handshake dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Ilustrasi 3 Way Handshake
Ilustrasi 3 Way Handshake