Daya Listrik

Menghitung daya listrik maksimal sebuah server mungkin paling mudah dibandingkan dengan yang lain. Umumnya sebuah server tidak dapat menggunakan listrik melebihi kapasitas minimal power supply. Sebagai contoh, jika sebuah server memiliki power supply dengan kapasitas daya maksimal 1 kilo watt, maka inilah batas akhir konsumsi listrik yang diperlukan oleh server tersebut. Jadi, apabila ada 7 buah server yang menyala bersamaan maka kita tinggal mengalihkannya dengan 7.

Tentu saja kita jugaharus memperhitungkan konsumsi listrik untuk pendingin (AC), storage, perangkat network, lampu penerangan, monitor, dan perangkat lainnya yang mungkin dihubungkan dengan server. Apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka peluang terjadinya listrik padam akibat kurang daya dapat terjadi pada saat semua perangkat digunakan.

Sangat disarankan juga untuk memiliki power supply cadangan, (generator atau UPS) yang dapat bekerja pada saat listrik padam. Walaupun UPS atau generator tidak akan membantu menambah daya listrik akan tetapi dapat mencegah kerusakan alat ketika terjadi masalah pada sumber listrik utama.

Fasilitas Backup

Pada sebua data center Tier-3 ke atas, server dan storage akan di backup dengan server dan storage lain. Apabila server atau storage tersebut mengalami masalah maka sudah ada cadangannya. Tidak hanya server atau storage yang perlu di-backup, namun juga perangkat network, power supply, bahkan sistem pendingin sebainya juga dibackup-nya. Jika kondisinya memungkinkan maka akan sangat baik memiliki backup untuk semua perangkat yang ada. Namun, hal ini tentu saja akan sangat bergantung pada kebutuhan dan biaya yang tersedia. Apabila kondisi ideal ini tidak dapat terpenuhi maka setidak-tidaknya tersedia backup untuk storage (data). Kita masih dapat membeli hardware untuk menggantikan yang rusak, tapi kita tidak dapat mengembalikan data yang sudah hilang.

Backup data dapat dilakukan secara otomatis menggunakan software khusus backup data. Kita memilih apakah akan melakukan backup secara full atau increamental (hanya perubahan saja yang dibackup). Biasanya full backup dilakukan dimalam hari atau di hari libur. Sehingga tidak mengganggu server dan bandwidth yang sedang digunakan untuk proses utama.