Storage

Kita dapat memilih apakah data akan disimpan dalam bentuk file atau blocks. SAN (Storage Area Network) dan iSCSI termasuk dalam kategori block level protocol. Sedangkan NAS (Network Attached Storage), seperti NFS , CIFS (SMB), AFS terbasuk dalam kategori file level protocols.

Gambar SAN VS NAS
Gambar SAN VS NAS

Data disimpan pada hard disk akan disimpan sebagai blok-blok (blocks). Block berukuran tetap. Sedangkan file adalah data yang ukurannya bervariasi (variabel) dan menempati beberapa blocks.

Pilihan terbaik sebenarnya tidak cukup hanya dilihat dari sisi teknologi. Bergantung juga pada kebutuhan, anggaran, dan pertimbangan lain. Jika untuk kerja menjadi fokus utama maka sebaiknya memilih storage yang dapat memanfaatkan teknologi SCSI atau iSCSI. Berikut ini diagram arsitektur SCSI.

SCSI commands

SCSI Transport Protocols

SCSI Interconnects

SCSI bekerja dengan prinsip clinet/server. Client disebut initiator, sedangkan server disebut target. Jika sebuah aplikasi hendak menulis ke disk SCSI, maka initiator akan menggunakan perintah write (write command). Kemudian command di routing memanfaatkan protokol interconnet. Target akan mengeksekusi command dan mengirim respon kembali kepada initiator sedangkan tanda bahwa request sebuah diproses secara sukses.

Sedangkan perangkat SCSI dapat diidentifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu bus, target dan LUN. Bus adalah SCSI card. Bus dapat berupa parallel card yang terkoneksi ke sebuah disk lokal, dapat berupa Fibre Chanel Card, atau sebuah NIC yang terkoneksi dengan iSCSI storage.

Target adalah storage itu sendiri. Sedangkan LUN (Logical Unit Numbers) merupakan SCSI client yang ada didalam target. Sebuah LUN dapat berupa disk atau sekelompok disk yang tergabung dalam konfigurasi RAID.

Saat ini perbedaan antara SAN dan NAS sudah semakin samar.

Sebaiknya kita menyiapkan storage berukuran sekurang-kurangnya dua kali lipat dari kebutuhan maksimum. Dalam waktu singkat, storage akan penuh. Sehingga sangat penting menggunakan teknologi storage yang mudah di-upgrade untuk menemukan kebutuhan yang terus meningkat.