1. Protokol ARP (Adddress Resolution Protocol) yang mengurusi keterhubungan perangkat keras komputer dengan pengalamatan jaringan (melalui MAC Address)

  2. Layanan e-mail (surat elektronik) tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya protokol yang bekerja dan mengatur proses komunikasi di dalam (SMTP, IMAP, POP3).

  3. Memudahkan didalam menyediakan dan menggunakan layanan berbasis web (melalui web server dan aplikasi web browser menggunakan protokol HTTP (hyper text transfer protocol) dan HTTPS (hyper text transfer protocol secure). Layanan dan data yang disajikan melalui web dapat berbentuk teks, video, audio gambar atau kombinasi.

  4. Memudahkan didalam melakukan proses unggah dan unduh file secara transfer dari dan ke suatu direktori atau sub direktori antar komputer pada jaringan komputer, menggunakan protokol FTP (file transfer protocol).

  5. Keamanan data dan login pada layanan di jaringan komputer memanfaatkan enkripsi pada protokol SSL. Bayangkan jika tidak ada protokol SSL yang umumnya telak terintegrasi ke dalam aplikasi web browser. Sedangkan mayoritas layanan online saat ini berbasis web dan mobile.

  6. Kemudahan didalam mengendalikan (remote) komputer jarak jauh, memantau sistem, dan transfer file, menggunakan protokol SSH dan Telnet. Protokol SSH ini menyediakan kemanan yang lebih baik dibandingkan protokol Telnet.

  7. Mengecek koneksi jaringan komputer dan mengetahui sejauh mana pencapaian terhadap kommputer/server tujuan melalui perintah ping, memanfaatkan protokol ICMP. Tanpa adanya protokol ICMP pengguna komputer didalam jaringan akan kesulitan didalam mengecek koneksi yang ada.

  8. Pasangkan protokol TCP/IP yang mendasar didalam pemodelan layer TCP/IP yang lebih baik, lebih mudah (simple/sederhana) dan lebih mendukung kemajuan teknologi jaringan (dibandingkan pemodelan layer 7 OSI). Hampir semua layanan dan aplikasi yang berjalan didalam jaringan komputer (baik internet maupun intranet) mengikuti standar didalam pemodelan layer (TCP/IP ini.

  9. Protokol UDP yang memudahkan didalam penyediaan layanan yang lebih cepat (tanpa perlu setup koneksi/connectionless), misalnya pada layanan streaming online.