IEEE mengeluarkan standar lain yaitu IEEE 802.2 yang mendukung berbagai topologi network. Standar tersebut menyediakan interface umum untuk “menghubungkan” berbagai protokol yang berbeda (seperti IPX, TCP/IP dan sebagainya) dengan berbagai tipe network (seperti : Ethernet, Token Ring, FDDi, dan sebagainya).

IEEE 802.2 diimplementasikan pada sublayer atas , yang ada pada layer Data Link. Sublayer atas ini disebut LLC (Logical Link Control). Pada layer OSI, Posisi berada di bagian atas CSMA/CD, CSMA/CA dan sebagainya. Perhatikan ilustrasi berikut :

Posisi Sublayer LLCPada Layer OSI
Posisi Sublayer LLCPada Layer OSI

LLC dapat meng-handle error, frame, flow control dan melayani service bagi layer di atasnya, yaitu Layer Network (layer 3). Pada mulanya, LLC ini dikembangkan oleh IBM untuk keperluan network Token Ring.

Model koneksi atau service yang disediakan LLC meluputi 2 buah connectionless oriented dan 1 buah connection-oriented, dengan penjelasan sebagai berikut.

  • Unacknowledge connecntionless mode (Tipe 1) atau LLC1. Pada mode ini , LLC mengirimkan frame tanpa mengetahui apakah frame tersebut dapat tiba ditujuan dengan selama. Frame bisa dikirim ke alamat unicast, multicast atau broadcast.
  • Connection oriented mode (Tipe 2) atau LLC2. Pada model ini LLC bertanggung jawab memulai (establishing) menggunakan (using), menghapus (resetting), dan mengakhiri (terminating) koneksi. LLC dapat mengetahui dengan pasti “nasib” frame yang telah dikirim.
  • Acknowledged connection service (Tipe 3). Mirip dengan Tipe 1 tapi hanya mendukung koneksi point to point.

Secara default LLC akan menggunakan mode koneksi Tipe 1

Jika dibandingkan dengan protokol TCP/IP maka Tipe 1 dan 3 mirip dengan unreliable IP – UDP, sedangkan Tipe 2 mirip dengan reliable IP – TCP.

Proses enkapsulasi atau de-enkapsulasi yang terjadi pada layer Data Link melibatkan sublayer MAC dan LLC. Kita suda mengetahui fungsi MAC address. Lalu apakah fungsi sublayer MAC 802.3 sebagai yang digambarkan pada diagram diatas.

Sublayer tersebut mendefinsikan bagaimana paket-paket “diletakkan” pada media sesuai dengan prinsip “first come/first served“. Alamat fisik (physical addressing) juga didefinisikan pada layer ini. Begitu pula dengan topologi (logical topologies).

Lalu apakah yang dimaksud dengan topologi logika? Ada beberapa pendapat mengenai arti istilah tersebut. Pendapat pertama mengatakan bahwa topologi loka tidak lain adalah metode akses atau access method. Ada beberapa metode akses yang sudah kita kenal, sperti: CSMA/CD, CSMA/CA, Token Passing , Demand Priority dan Token Bus.

Pendapat lain mengatakan bahwa topologi logika berkaitan dengan “jalur” sinyal yang melalui topologi fisik. Sepintas lalu kedua pendapat tersebut tampak berbeda. Namun jika dipelajar dengan seksama ternyata kedua pendapat tersebut identik.

Saat mempelajari metode akses , kita mengamati bagaimana sinyal melalui media network. Sebagai contoh, pada Token Passing , akan dapat “dilihat” bahwa sinyal mengalir melalui jalur berbentuk lingkarang tertutup. Jika metode akses yang digunakan berbeda maka “jalur” sinyalnya juga akan berbeda pula. Dengan demikian maka kita dapat mengatakan bawah topologi logika identik dengan metode akses.

Jadi sublayer MAC berfungsi dapat menentukan topologi logika , error notification (bukan error correction) urutan frame yang dikirim, dan kendali aliran frame (flow control). Sedangkan sublayer LLC berfungsi untuk mengidentifikasikan protokol yang digunakan pada layer Network.

Manakal sebuah frame datang maka komputer akan “meliat” isi LLC untuk menentukan protokol apa yang akan digunakan pada layer Network. Misalkan jika protokol yang digunakan adalah IP (Internet Protocol) maka selanjutknya layer network akan memproses sesuai dengan “kebutuhan” protokol tersebut.

Secara umum fungsi LLC sebagai berikut:

  • Mengatur koneksi Data Link
  • Menentukan Link Addressing
  • Meenentukan SAP (service access points)
  • Sequencing control (kendali pengurutan frame)

Pada layer Data Link, sublayer LLC (frame LLC) dan sublayer MAC (frame MAC) akan membentuk sebuah frame “gabungan”. Untuk memudahkan memahami, perhatikan bagan berikut ini.

Format Frame Yang Terdiri Atas MAC dan LLC
Format Frame Yang Terdiri Atas MAC dan LLC

SNAP merupakan singkatan dari Subnetwork Access Protocol. SNAP merupakan extended bagi LLC. Karena LLC hanya dapat menampung hingga 64 jenis protokol network. Salah satu protokol yang menggunakan SNAP adalah AppleTalk.

SNAP juga akan ditambahkan pada frame manakala LLC protokol digunakan untuk paket IP (Internet Protocol). Informasi lebih lengkap tentang SNAP dapat diperoleh pada situs berikut ini :

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Subnetwork_Access_Protocol
  • http://www.erg.abdn.ac.uk/users/gorry/course/lan-pages/llc.html
Frame Ethernet II tidak menggunakan LLC. LLC muncul pada Ethernet standar IEEE 802.3. Sehingga frame yang dibentuk pada layer Data Link untuk Ethernet II berbeda dengan IEEE 802.3.

Frame LLC disebut juga sebagai LPDU (LLC Protocol Data Unit). Jika frame LLC kita pisahkan, maka “bentuknya” menjadi seperti diagram dibawah.

Format LPDU
Format LPDU

Penjelasan PDU LLC sebagai berikut :

  • DSAP (destinatination Service Access Point), merupakan tujuan SAP (receiving station’s logical link SAP_
  • SSAP (Source Service Access Point), merupakan asal SAP (trasmitting station’s logical link bagi SAP)
  • Control, kendali untuk frame
  • Information, LLC data atau protocol (yang posisinya pada layer OSI lebih tinggi dibandingkan LLC)

SAP adalah logical link atau “jalur” bagi protokol yang ada pada layer Network. Manakala kita mengoperasikan berbagai protokol LAN, setiap protokol pada layer Network akan menggunakan SAP-nya masing-masing. Hal ini untuk mencegah terjadinya “tabrakan” jalur antar protokol. Inilah cara yang digunakan oleh LLC untuk mengetahui komunikasi antar protokol yang berbeda-beda.

Sangat penting untuk dipahami bahwa frame 802.3 (MAC) dapat diibaratkan seperti “kendaraan” bagi frame 802.2 (LLC). Mekanisme pengangkutan frame 802.2 diatur oleh frame 802.3. Sedangkan frame 802.2 digunakan untuk multiplexing berbagai protokol (seperti IP, IPX, AppleTalkl) yang akan ada di layer Network.