Pengembangan lebih lanjut teknologi IC, memungkinkan pengemasan jutaan transistor dalam sekeping chip dan memproduksinya secara massal. Ini berarti dimungkinkan membuat komputer yang lebih kecil dengan harga yang lebih ekonomis. Komputer yang berkembang pesat pada masa ini disebut dengan microcomputer dan kemudian lebih populer disebut personal computer (PC). Karena harga komputer PC cukup murah maka orang awam sekalipun mampu membelinya.

Dimulai pada tahun 1974 ketika Intel mengeluarkan prosesor 8080 berbasis 8 bit. Gary Kidall disewa untuk menuliskan system operasi untuk komputer berbasis prosesor 8080 tersebut. SIstem operasi yang dihasilkan dikenal dengan CP/M (Control Program for Microcomputer) dan merupakan system operasi berbasis disk (umumnya floppy disk). Gary Kidall membangun perusahaan Digital Research dan menulis ulang CP/M untuk komputer microcomputer lainnya yang berbasis Zilog Z80 maupun chip prosesor lainnya. Selama 5 tahun berikutnya bisnis system operasi microcomputer dikuasai sepenuhnya oleh CP/M.

Pada awal 1980-an, Intel mengeluarkan prosesor berbasis 16 bit. IBM yang bermaksud merancang IBM PC berbasis prosesor baru tersebut mencari lisensi Bahasa pemrograman dan sistem operasi untuk digunakan pada komputer baru tersebut. Pihak IBM mengontak Bill Gates untuk membeli lisensi Bahasa pemrograman BASIC. Untuk sistem operasi, Bill Gates merekomendasikan IBM untuk mengontak Digital Research. Kurang tanggapnya pihak Gary Kidall selama proses kontak dan negosiasi membuat IBM berpaling kembali ke Bill Gates untuk mencarikan lisensi sistem operasi yang cocok. Bill Gates kemudian membeli lisensi DOS (Disk Operating System) dari Seattle Computer Products seharga $50.000. Bill Gates menjual paket lisensi DOS/Basic ke IBM. DOS ini kemudian dikembangkan lebih lanjut dan diberi nama MS DOS (Microsoft DOS), sesuai dengan nama perusahan Bill Gates, Microsoft. Dengan cepat IBM PC, dan sistem operasi MS DOS menguasai pasar PC. Salah sau alasan populernya MS DOS adalah karena lisensinya dijual sebagai satu paket dengan IBM PC. Sementara lisensi CP/M dijual terpisah dari penjualan perangkat keras komputernya.

Ketika IBM mengeluarkan komputer IBM PC/AT dengan prosesor 80286, MS DOS sudah menguasai pasar PC, sedangkan CP/M sudah kehilangan pasar. Apalagi ketika IBM memakai prosesor 80386 dan kemudian 80486, MS DOS sudah hampir menguasai seluruh pasar PC.

Sebagai catatan, baik MSDOS maupun CP/M merupakan sistem operasi berbasis perintah teks (text command based). Konsep sistem operasi dengan antarmuka berbasis grafis, GUI (Graphical User Interface), pertama ditemukan oleh Doug Engelbart pada tahun 1960-an. Namun, sistem operasi berbasis grafis komersial pertama yang berhasil adalah Macintosh yang berjalan pada komputer Apple pada awal tahun 1990-an. Beranjak dari kesuksesan Macintosh Apple, dari tahun 1985 sampai tahun 1985, Microsoft berusaha membangun sistem berbasis GUI di atas MSDOS. Sistem ini disebut Windows dengan versi 1.0,2.0,3.0 sampai 3.11. Pada tahun 1995, Microsoft mengeluarkan Windows 95 yang dapat berjalan sendiri tanpa MSDOS, kemudian diteruskan dengan Windows 98, dan Windows Millennium. Secara terpisah Microsoft mengembangkan pula Windows NT yang ditujukan untuk komputer server perusahaan. Dari segi arsitektur dank ode programnya, Windows NT dikembangkan terpisah dari jalur pengembangan Windows 95.

Sistem operasi competitor lain untuk komputer PC adalah sistem operasi Linux yang lisensinya bersifat bebas dan gratis. Linux merupakan varian dari sistem operasi UNIX yang awalnya ditulis oleh Linus Torvald pada tahun 1991. Kode programnya didistrubusikan secara bebas diinternet dan pihak lain boleh turut mengembangkannya. Awalnya Linux seperti halnya varian UNIX lain, menggunakan basis perintah teks. SIstem GUI yang dibangun diatas varian UNIX disebut X-Windows yang dikembangkan oleh MIT. Windows Manager seperti KDE ataupun GNOME memungkinkan sistem operasi Linux menampilkan antarmuka grafis seperti halnya pada sistem operasi Windows dari Microsoft.

Berbeda dengan sistem operasi Windows, pada Linux, kernel (inti dari kode sistem operasinya), sistem GUI, program antarmuka (shell), serta program – program aplikasinya dikembangkan oleh pihak – pihak yang terpisah sehingga tidak ada paket instalasi yang standar. Ini memunculkan bisnis distribusi instalasi Linux (distro) seperti RedHat, Mandriya, Open Suse, Ubuntu, Fedora, dan masih banyak lainnya.

Fenomena dari perkembangan komputer masa ini adalah usaha untuk membangun jaringan antar komputer sehingga memungkinkan komunikasi dan berbagi pakai sumber daya komputer. Ini ditandai dengan maraknya perkembangan jaringan lokal (LAN), Internet, platform sistem terdistribusi seperti teknologi jaya dan .NET, serta arsitektur aplikasi seperti client-server, multi-tier, dan pemrograman berorientasi obyek. Dalam perkembangan ini yang diperlukan bukan hanya sistem operasi, tetapi protocol – protocol untuk komunikasi, cara penstrukturan aplikasi dalam lingkungan yang tersebar, serta platform untuk menjalankannya.