Resource Manager, sistem operasi menyediakan rutin-rutin penanganan sumber daya komputer. Rutin-rutin tersebut dapat dikelompokkan dalam empat kategori besar yaitu :

  • Komponen manajemen proses
  • Manajemen memori
  • Manajemen device
  • Manajemen berkas

Hubungan antar ke empat komponen diatas dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Hubungan Antar Komponen Sistem Operasi
Hubungan Antar Komponen Sistem Operasi

Komponen manajemen memori bertugas mengelola penggunaan memori utama. Komponen manajemen device bertugas mengelola penggunaan berbagai device termasuk peranti I/O yang terdapat pada komputer seperti pewaktu, disk, keyboard, adapter monitor, CD Drive.

Komponen manajemen berkas bertugas melakukan pengelolaan berkas dan dalam operasinya memanfaatkan rutin-rutin serta layanan yang disediakan oleh manajemen memori dan device. Ini karena berkas senantiasa dibaca/ditulis dari/ke disk sehingga memerlukan rutin-rutin manajemen device dan datanya disalin bolak-balik dari/ke memori utama sehingga memerlukan rutin-rutin manajemen memori.

Komponen manajemen proses merupakan sentral dari sistem operasi dan menggunakan seluruh komponen manajemen lainnya. Secara khusus manajemen proses bertugas mengelola sumber daya komputer yang paling penting, yaitu prosesor.