Didalam database mysql atau mariadb terdapat akun root untuk mengaksesnya, akun root disini bukan akun root Linux sebagai administrator, akan tetapi akun root disini adalah sebagai administrator pada mysql atau mariadb.

Akun root pada MySQL atau MariaDB mampu melakukan perintah-perintah administratif yang kita perlukan. Selaras dengan kemampuannya akun root cukup membahayakan jika kita menggunakan disetiap penggunaan pekerjaan dalam membangun database proyek seperti sistem informasi ataupun sejenisnya.

Maksud kata berbahaya dalam penggunaan akun root adalah, jika suatu saat kita teledor atau ceroboh dalam penggunaan password tersebut, dan orang lain menggunakannya diluar dari otoritasnya maka disitulah terbuka celah.

Untuk mengatasi ini kita bisa membuat user dan database yang kita pasangkan dan hak aksesnya cukup untuk user dan database tersebut. Maksudnya adalah user tersebut hanya digunakan untuk operasional ke database yang sudah kita pasangkan.

Berikut adalah langkah untuk memasangkan database dan user :

Langkah 1 : Pada gambar dibawah ini kita membuat database dengan nama “kampus”, kemudian klik create, dan terciptakan database “kampus”

Create Database
Listing database

Langkah 2 : Kita membuat user dengan nama admin-1, seperti gambar dibawah ini :

Gambar user account

Pada bagian Global Privileges tidak perlu dicentang. Kemudian dilanjutkan dengan Go.

Global Privileges

Langkah 3 : Dilanjutkan pindah ke menu user account dan edit privileges pada user admin-1.

Edit Privileges

Dilanjutkan klik database dan select database kampus, seperti tampilan dibawah ini :

Memasangkan user ke database

Kemudian dilanjutkan dengan Go.

Langkah 4 : Kemudian kita centang semua akses untuk user admin-1 dan dilanjutkan Go.

Centang semua Privileges

Langkah 5 : pembuktian , kita logout , kemudian login dengan user admin-1 dan passwordnya. Akan muncul tampilan seperti ini :

tampilan setelah login

Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa user admin-1 hanya meliliki privileges sendiri tanpa bisa melihat database-database lain yang diluar otoritasnya.

Sekian terimakasih.