LDAP (Lightwight Directory Active Protocol) merupakan protokol pada jaringan komputer yang berfungsi untuk membantu pengguna didalam mengelola sumber daya dijaringan komputer, pemakaian bersama sumber daya komputer didalam jaringan komputer (misalkan printer), membantu didalam pencarian (searching) informasi, baik berupa informasi pengguna komputer, informasi mengenai server dan komputer (node) di jaringan, lokasi fisik, dan terutamanya pada directory service. Direktori service pada LDAP diutamakan untuk X500.

Protokol LDAP bekerja dengan menggunakan sistem client server pada umumnya. Pencarian direktori service dapat dilakukan oleh protokol LDAP dengan menggunakan sumber informasi dari direktori yang dimilikinya.

Direktori informasi pada protokol LDAP membentuk hirarki struktural layaknya sebuah tree (pohon), sehingga memudahkan untuk pencarian dari level tertinggi ke level terbawah Satu atau lebih LDAP server memiliki data untuk direktori informasi dan juga database. Saat LDAP client terkoneksi ke LDAP server, maka LDAP client akan menanyakan tentang suatu likasi komputer. LDAP server akan merespon melalui pointer yang akan mengarahkan LDAP client kepada lokasi yang diminta ataupun LDAP server lain yang dapat membantu.

Terdapat banyak cara untuk menyediakan directory service serta tersedia banyak cara untuk menyimpan informasi pada direktori, hak akses, query, serta keamanan informasi didalamnya. Pada sistem operasi Linux, Anda dapat mencoba LDAP dengan membaca panduan di http://www.tldp.org/HOWTO/LDAP-HOWTO/. Sedangkan didalam dunia perangkat lunak, Anda dapat mencoba Open LDAP (http://www.openldap,org/)

Gambar LDAP Client LDAP Server Protokol LDAP dan X500 server
Gambar LDAP Client LDAP Server Protokol LDAP dan X500 server