POP3

POP3 (Post Office Protocol Versi 3) merupakan protokol didalam jaringan komputer yang berfungsi untuk membantu Anda didalam layanan terima e-mail, dalam hal ini menerima e-mail dari mail server ke mail client. POP3 tidak akan dapat bekerja tanpa adanya SMTP . POP3 memiliki komunikasi dan sistem kerja yang bersifat satu arah. Ini berarti bahwa POP3 mewajibkan kita untuk mengunduh semua e-mail yang tersedia tanpa kecuali. Disatu sisi ini dapat membantu kita disaat kita memerlukan semua e-mail, disisi lainnnya kita perlu bandwidth internet cukup besar untuk mengunduh semua email tersebut.

POP3 menggunakan port 110 untuk komunikasi dijaringan komputer. Untuk menjaga sisi keamanan, POP3 menggunakan bantual SSL dan TSL. Dibandingkan POP1 dan POP2 (versi 1 dan 2 dari protokol POP), POP3 menyajikan fitur dan keamanan yang jauh lebih baik untuk komunikasi online menggunakan elektronik (e-email).

IMAP (Internet Message Access Protocol) merupakan protokol didalam jaringan komputer yang berfungsi sama seperti POP3, yaitu membantu didalam menerima e-mail dari mail server ke mail client. Hal ini membedakan antara IMAP dengan POP3 adalah IMAP memberikan pengguna solusi memilih dan membaca e-mail yang diperlukan saja. Dalam hal ini pengguna dapat melakukan pencarian terhadap e-mail yang diperlukan, menghapus e-mail yang tidak diperlukan, membuat folder/direktori untuk e-mail dan lain-lain.

Dengan adanya IMAP kita bisa lebih menggunakan layanan e-mail diperangkat mobile komputer jinjing, web browser, dan perangkat terkoneksi jaringan lainnya, karena komunikasinya bersifat dua arah. Untuk melakukan koneksi ke jaringan komputer, IMAP menggunakan port 143.