ICMP

ICMP (Internet Control Message Protocol) merupakan protokol didalam jaringan komputer yang bertugas untuk memberitahukan kepada pengguna tentang adanya koneksi jaringan atau tidak, terjangkau atau tidaknya sebuah komputer / server tujuan, serta kemungkinan adanya balasan dari server / komputer tujuan. ICMP bekerja dengan cara mengirimpkan ICMP echo request dan ICMP echo reply kepada pengguna komputer melalui perintah ping. Perintah ping ke alamat tujuan ini dapat Anda lakukan melalui terminal Linux atau pada sistem operasi lainnya.

UDP

UDP (User Datagram Protokol) merupakan protokol didalam jaringan komputer yang berfungsi untuk mengatur dan mengurusi semua koneksi yang ada dengan sifat yang berkebalikan dengan protokol TCP (Transmission Control Protocol). Ketika sifat utama pada jaringan komputer yang diurusi oleh protokol UDP adalah koneksi yang unreliable (tidak andal didalam jaringan komputer), koneksi yang tidak memerlukan setup koneksi terlebih dahulu (connection oriented), serta memiliki header UDP yang didalamnya memuat SPI (Source Process Indetification) dan DPI (Destionation Process Indetification)

Gambar Bagan Protokol UDP
Gambar Bagan Protokol UDP

Dengan ketiga sifat utama jaringan komputer yang dikelola oleh protokol UDP ini, menyebabkan protokol UDP lebih banyak digunakan diberbagai layanan jaringan komputer yang bersifat streaming (video streaming, radio streaming, TV streaming), pengiriman pesan sederhana, dan lain-lain. UDP dan TCP merupakan protokol-protokol yang terdapat didalam layer transport, yang mana merupakan subprotokol pada pasangan protokol TCP/IP (sekaligus sebagai pemodelan layer TCP/IP).

PPP

PPP (Point to Point Protocol) merupakan protokol didalam jaringan komputer yang umum digunakan pada Wide Area Network (WAN) dan koneksi broadband pada modem USB (memanfaatkan provider GSM maupun CDMA). PPP mendukung pengalamatan IP dinamis memanfaatkan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), yang mana meruoakan nilai lebih PPP dibandingkan protokol pendahulunya, yaitu SLIP (Serial Line Internet Protocol). PPP melakukan proses enkapsulasi (pembungkusan) menjamin keamanan data didalamnya.

Gambar Bagan Protokol PPP
Gambar Bagan Protokol PPP