SMTP

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protokol yang umum digunakan didalam layanan kirim dan terima e-mail (surat elektronik) manfaatkan jaringan komputer (intranet/internet), mail server, dan aplikasi mail client (misalkan Thunderbird) atau langsung melalui aplikasi web browser. Protokol SMTP biasanya bekerja sama dengan protoko-protokol lain didalam jaringan komputer, dalam hal menyediakan layanan surat elektronik (e-mail). Antara lain dengan protokol IMAP, POP3 atau dengan HTTP. SMTP dengan menggunakan port 25 untuk melakukan koneksi di dalam jaringan komputer.

SMTP dapat dikonfigurasikan disetiap aplikasi mail client yang digunakan. Umumnya konfigurasi SMTP di mail client terdiri atas lima bagian utama. Kelima bagian tersebut atas :

  1. Alamat e-mail (e-mail address). Sebagai contoh : molaviarman@gmail.com.

  2. Incoming Mail Server, yang mana dapat menggunakan protokol POP3, IMAP, atau langsung ke HTTP. Sebagai contoh : mail.google.com.

  3. Outgoing server, menggunakan domain dari e-mail kita. Sebagai contoh: mail.google.com.

  4. Account Name (akun Anda), yaitu username / akun yang Anda gunakan pada e-mail Anda. Sebagai contoh :molaviarman

  5. Password untuk akun e-mail Anda.

Jadi dapat diketahui bahwa STMP merupakan protokol yang berfungsi sebagai protokol yang mengatur jalur lalu lintas antar server didalam proses pengiriman dan penerimaan e-mail. Hal ini dilakukan oleh SMPT dengan menggunakan MTA (Mail Transfer Angent) baik di sisi server (MTA server) maupun di sisi client (MTA client)

Sedangkan terkait dengan pengiriman e-mail dari Mail server ke Mail client dapat menggunakan protokol POP3 maupun IMAP4. Kedua protokol tambahan ini juga berperan penting didalam proses kirim dan terima e-mail. POP3 dan IMAP4 juga memerlukan bantuan dari SMTP.

Gambar Bagan Protokol SMTP
Gambar Bagan Protokol SMTP

Terlepas dari permasalahan spam dan virus , sistem e-mail sendiri merupakan salah satu aplikasi server yang bisa dikatakan sangat komplek. Sistem e-mail biasanya melibatkan banyak sekali aplikasi ataupun program yang biasanya melibatkan banyak sekali aplikasi ataupun program yang biasanya melaksanakan fungsi atau tugas tertentu dari sistem e-mail. Fungsi-fungsi yang menjadi bagian dari server e-mail yaitu MTA, MSA, MDA dan MUA. MTA , MSA dan MDA merupakan aplikasi server, sedangkan MUA merupakan aplikasi client. Berikut penjelasan dari fungsi sistem e-mail.

MTA atau Mail Transfer Agent merupakan perangkat lunak yang mengirimkan e-mail dari satu host ke host yang lainnya dengan menggunakan arsitektur client-server. MTA menerima email yang berasal dari MTA lainnya, MSA ataupun MUA.

MSA atau Mail Submission Agent merupakan perangkat lunak yang menerima email dari MUA dan berkoordinasi dengan MTA untuk mengantarkan e-mail. Berbeda dengan MTA, MSA hanyak menerima email dari MUA.

MDA atau Mail Delivery Agent merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengirimkan e-mail ke kotak surat lokal.

MUA atau Mail User Angent merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola e-mail client. Aplikasi ini merupakan aplikasi client yang dapat beruhubungan dengan MTA, ataupun MSA untuk menerima ataupun e-mail client.