HTTP

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah protokol yang paling sering dan paling banyak digunakan oleh para pengguna jaringan komputer, khususnya didalam mengakses alamat suatu sistem (website). Aplikasi web (WWW/World Wide Web) merupakan aplikasi di jaringan komputer (terutama internet) yang paling banyak digunakan saat ini pada beragam perangkat komputer (komputer desktop, komputer jinjing, komputer mobile/smartphone dan tablet). Pada jaringan komputer umumnya terdapat server dan client yang saling berkomunikasi . Server dapat melayani satu ataupun beberapa client sekaligus.

Terkait dengan adanya komunikasi antara server dan client, maka protokol HTTP memiliki setidaknya dua buah fungsi. Fungsi-fungsi ini berkaitan dengan aplikasi/layanan berbasis web (WWW), yaitu :

  1. Membantu web server didalam melakukan tindakan terkait dengan permintaan dari client.

  2. Membantu aplikasi web browser untuk menyajikan data dan informasi yang dikirim web server berdasarkan permintaan dari client.

  3. Membantu didalam menterjemahkan pesan dan permintaan yang berasal dari client ke server dan respon yang dikirim dari server ke client (berdasarkan permintaan dari client)

Protokol HTTP memiliki dua buah metode utama didalam layanan yang diberikan kepada pengguna jaringan komputer. Kedua metode tersebut adalah POST dan GET. Metode POST berfungsi untuk proses pengiriman data ke server, dengan melakukan penambahan, pengeditan dan pengubahan data di server. Metode GET dikhususkan untuk memperoleh data dan informasi dari server.

Gambar Bagan Protokol HTTP
Gambar Bagan Protokol HTTP

HTTPS

HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) merupakan protokol di dalam jaringan komputer yang memiliki fungsi sama seperti protokol HTTP yang telah dibahas sebelumnya. Hanya saja HTTPS memberikan jaminan keamanan yang lebih baik, sebagaimana huruf S itu sendiri yang berarti Secure (aman). HTTPS diciptakan oleh Netscape dengan fungsi kerja yang mendukung protokol SSL (secure socket layer) dan TLS (transport layer security) pada port 443. Apabila anda memiliki layanan berbasis web, termasuk juga di server hosting, Anda dapat memiliki penggunaan HTTPS ataukah cukup HTTPS saja. Beberapa layanan seperti facebook menggunakan HTTPS didalamnya.

https
https