1. TCP / IP

Protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan sepasang protokol yang umum digunakan dihampir semua layanan dan aplikasi di dalam jaringan internet. Pasangan protokol ini umum disebut dengan protocol suite dan menjadi pemodelan untuk layering pada jaringan komputer sebagaimana layering OSI. Tidak seperti protokol lainnya, pada protokol TCP/IP terdapat empat buah subprotokol yang memiliki fungsionalitas masing-masing. Keempat subprotokol pada protokol TCP/IP inilah yang menjadi dasar untuk pemodelan layering TCP/IP tersebut. Adapun keempat subprotokol tersebut meliputi:

Gambar Pasangan Protokol TCP/IP
Gambar Pasangan Protokol TCP/IP
  1. Subprotokol lapisan aplikasi (menjadi Layer Aplikasi / Application Layer)

  2. Subprotokol lapisan antar-host (menjadi Layer Transport / Transport Layer)

  3. Subprotokol lapisan internetwork (menjadi Layer Network / IP Layer)

  4. Subprotokol lapisan antarmuka jaringan (menjadi Layer Fisik / Link Layer / Network Access).

Pasangan TCP/IP memiliki kelebihan dibandignkan protokol-protokol lainnya. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh pasangan protokol-protokol TCP/IP tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Kemampuan untuk dapat digunakan di platform manapun, tanpa terkendala protokol TCP/IP bersifat bebas / tidak memihak (freedom) terhadap semua perangkat keras jaringan.
  2. Memiliki sistem pengalamatan yang terstruktur. Pengalamatan ini dikenal sebagai IP Address (baik IPV4 maupun IPV6) beserta dengan pengkelasan masing-masing

Dapat menghubungkan dua buah komputer atau lebih dengan sistem operasi yang berbeda didalamnya. Hal ini sangat tepat , mengingat jaringan komputer terdiri dari atas keberagaman perangkat komputer beserta dengan sistem operasi dan aplikasi-aplikasi didalamnya. Sebagai contoh : menghubungkan dua buah komputer dengansistem operasi Linux dan dengan sistem operasi Windows melalui Samba.

Kelebihan-kelebihan inilah yang menjadikan pasangan protokol TCP/IP masih relevan untuk dapat digunakan hingga saat ini, semenjak keduanya diciptakan sekitar tahun 1970-1980.