Jika berbicara tentang GNU/Linux, maka pasti kita akan berbicara tentang dunia free-open source. Free-open source saat ini bukan lagi sebagai software alternatif dari software-software berbayar bahkan telah menjadi pesaing utama, terbukti dengan banyaknya digunakan dalam industri-industri skala besar.

Apakah produk free-open souce yang secara nyata adalah free dalam pengertian “gratis” dan bebas di-download secara bebas dari Internet dapat menghasilkan profit/penghasilan? Para pekerja IT tidak perlu memusatkan diri pada bagaimana menjual produk tersebut namun yang lebih penting adalah bagaimana memberikan solusi free-open source seperti support, update dan pemeliharaan adalah salah satu sumber pemasukan bagi organisasi penyedia layanan aplikasi free-open source.

Dengan free-open souce, budget atau cost untuk pembelian software mendekati nol dan sebagian besar aplikasi-aplikasi yang kita perlukan tersedia secara gratis di Internet. Memang ada beberapa aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk membayar biaya lisensi karena konsep free-open software sendiri tidak selalu diartikan secara gratis. Free dalam konsep pengertiannya adalah kebebasan untuk melihat, memodifikasi kode sumber yang ada.

Free-open source layaknya sumber daya alam yang sudah tersedia secara gratis di Internet, tinggal bagaimana kita sebagai seorang pekerja IT memanfaatkan seluruh peluang yang ada. Terdapat beberapa model bagaimana free-open source dapat mendatangkan profit seperti support, training, pengembangan aplikasi dan penyediaan buku-buku sebagai panduan penggunaan software aplikasi open source tersebut.

Support
Pelanggan sebagai pengguna layanan aplikasi free-open source tertentu akan rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan dukungan terhadap setiap permasalahan yang muncul saat menggunakan aplikasi tersebut.

Komunitas free-open source telah memberikan informasi lengkap tentang bagaimana menggunakan software aplikasi serta bagaimana dianggap belum cukup karena tetap dibutukan seorang ahli yang tetap fokus untuk pemeliharaan software termasuk saat pelanggan mengalami permasalahan.

Software
Porting software aplikasi dari sistem operasi berbayar ke GNU / Linux seperti Oracle dan SAP ternyata tidak menunjukkan performansi yang menurun malah dapat menurunkan biaya karena sistem operasinya adalah free dan telah tersedia di Internet.

Hardware
Seperti halnya dengan software, perusahaan besar seperti Dell atau IBM telah menanamkan sistem operasi GNU/Linux ke perangkat keras mereka dan saat ini telah menawarkan sebuah mesin server lengkap dengan sistem operasi GNU/Linux yang biaya pembelian hardware dan software-nya 10 kali lebih rendah dari sistem operasi berbayar yang dipaketkan bersama dengan perangkat keras/hardware dari mesin server tersebut.

Training dan Pendidikan
Training dan pendidikan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan terhadap perangkat lunak free-open source sebagai sumber bisnis untuk menciptakan profit. Training dan pendidikan adlah hal yang sangat diperlukan sebagai bagian dari penyebaran ilmu pengetahuan agar pengguna open source lebih maksimal dalam penggunaan software serta bagi seorang pemula yang baru beralih dapat terbiasa karena adaptasi tentunya diperlukan dan bisa disediakan oleh lembaga pendidikan training.