Public Cloud merupakan model deployment pada teknologi Cloud Community, dimana layanan Cloud Computing diletakkan di lokasi publik (misalnya dijaringan internet dan memiliki IP Public), sehingga layanan, data, dan informasi didalamnya dapat digunakan dan dibagikan dengan mudah ke seluruh pengguna. Dari sisi para pengguna, Public Cloud tidak seperti Private Cloud. Public Cloud menyediakan akses sebanyak mungkin kepada siapapun yang terhubung ke dalam jaringan Cloud yang menyediakan layanan Public Cloud.

Public Cloud juga menyediakan sejumlah kelebihan yang ditawarkan. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh Public Cloud antara lain sebagai berikut :

1. Sangat mudah digunakan, dimana Anda cukup menyediakan koneksi internet untuk terhubung ke penyedia layanan Public Cloud dan menggunakannya (jika cuma-cuma atau bayar terlebih dahulu sesuai kebutuhan layanan yang akan digunakan).

2. Tidak perlu repot memikirkan pennyediaan infrastruktur Cloud (Perangkat keras dan perangkat lunak), karena layanan Cloud disediakan oleh penyedia, bukan oleh kita sendiri.

3. Data dapat dengan mudah disimpan di storage Cloud internet dan mudah dibagikan ke pengguna lain karena berada dijaringan publik.

4. Tidak perlu bergantung kepada tenaaga IT internal perusahaan / organisasi. Setiap orang dapat dengan mudah menggunakan layanan Public Cloud.

Dibalik kelebihaanya, Public Cloud juga memiliki sejumlah kekurangan. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Public Cloud antara lain sebagai berikut :

1. Biaya / investasi yang besar untuk penyediaan akses internet, terlbih pada suatu organisasi / perusahaan.

2. Perlu waspada terhadap penyimpanan data di internet, dalam hal ini storage cloud berbasis internet. Perlu di filter data mana saja yang dapat diletakkan secara publik dan yang mana yang tidak boleh diletakkan di ruang publik.

3. Apabila tidak ada akses internet / akses ke jaringan penyedia layanan Public Cloud, maka layanan tidak dapat digunakan.

4. Sangat bergantung kepada penyedia layanan Cloud. Hal ini berasalan, mengingat pengguna hanya cukup memiliki sebuah komputer (dengan sistem operasi dan aplikasi web browser di dalamnya) serta terkoneksi melalui jaringan komputer (internet) ke penyedia layanan Public Cloud.

Terdapat banyak sekali contoh layanan Public Cloud yang dapat Anda gunakan di internet. Layanan-layanan Public Cloud ini dapat digunakan secara cuma-cuma maupun berbayar. Beberapa contoh layanan Public Cloud diantaranya sebagai berikut :

1. Layanan e-mail gratis dari Goolge (google Mail) di http://mail.google.com

2. Layanan jejaring sosial facebook dan twitter.

3. Windows Azure

4. Amazone EC2

5. SalesForce.

Public Cloud
Public Cloud