Jika Anda mendapatkan error “terlalu banyak koneksi” di MySQL, Anda dapat mengubah pengaturan max_connections untuk memungkinkan lebih banyak koneksi, dengan asumsi Anda memiliki cukup RAM untuk menangani peningkatan jumlah. Tulisan ini melihat bagaimana cara memperbarui setting max_connections di MySQL.

Pengaturan default untuk max_connections adalah 100. Anda dapat melihat pengaturan saat ini dengan menjalankan perintah SQL berikut dari tool baris perintah MySQL, phpMyAdmin.

Berikut perintah untuk melihat jumlah koneksi pada MySQL :

output :

Anda dapat mengubah setelannya menjadi mis. 200 dengan mengeluarkan perintah berikut tanpa harus me-restart server MySQL.

Perubahan menjadi 200 ini sifatnya sementara jika MySQL telah direstart, Untuk membuat perubahan permanen Anda perlu mengedit file konfigurasi my.cnf. dan tambahkan max_connection = 200; pada file my.cnf di bagian [mysqld].

Sekarang ketika Anda me-restart MySQL waktu berikutnya akan menggunakan pengaturan ini bukan default.

Perhatikan bahwa meningkatkan jumlah koneksi yang bisa dilakukan akan meningkatkan jumlah RAM potensial yang dibutuhkan agar MySQL bisa berjalan. Tingkatkan pengaturan max_connections dengan hati-hati!