SAN menggunakan jaringan kabel fibre chanel (FC) yang mampu menangani transfer data dalam kecepatan luar biasa, sebagai tulang punggungnya. FC merupakan port dan kabel yang menghubungkan network system, server, PC client dan storage media melalui antarmuka point-to-point dan serial bi-directional.

FC mampu mengirimkan data dalam kecepatan tinggi dengan latensi rendah melalui jarak yang sangat jauh. Rata-rata kecepatan (200MBps full duplex) dalam jarak 10 kilometer. Teknologi ini juga mendukung beberapa protokol , seperti ATM, FDDI, TCP/IP, HIPPI dan SCSI.

SAN

SAN juga mengubah cara pandang bahwa akses data harus dilakukan melalui server utama. SAN adalah jenis jaringan storage-centric, yang menawarkan berbagai keuntungan sebagai berikut :

  • Availability atau ketersedian : SAN menyimpan alokasi data dengan teknologi khusus dimana semua perangkat yang membutuhkan data mengakses dengan jalur data berbeda. Ini membuat kecepatan transfer menjadi lebih cepat , karena mengurang latensi dengan signifikan.
  • Reliability atau keandalah : Teknologi SAN memiliki kemampuan koreksi data sehingga dapat menekan kesalahan serta mengatasi kegagalan akses.
  • Scalability atau skalabilitas : SAN dapat terkoneksi dengan server utama dan infrastruktur jaringan yang sudah ada. Kapasitas storage SAN juga dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan.
  • Performance atau kinerja : SAN menggunakan tipe kabel fibre chanel (FC) dengan bandwidth minimal 100MBps. Protokol SAN juga terpisah dengan jaringan existing yang sudah ada.
  • Manageability atau pengelolaan : SAN dapat dikelola secara terpusat dan dari jarah jauh (remote) oleh seorang admin. Seluruh konfigurasi storage dan jaringan yang dibutuhkan dapat dikelola melalui interface sederhana berbasis web.
  • Return on Information management (RoIM) : Teknologi SAN memberikan biaya yang jauh lebih rendah dibangingkan media penyimpanan konvesional, atau yang berbasis server utama. Kelebihan SAN antara lain adalah kemampuan pengelolaan yang simpel, kecepatan akses, dan skalabilitas. Kelebihan-kelebihan tersebut membuat biaya operasional berbanding output jauh lebih rendah.

Karena segala kelebihan itu, termasuk kemampuannya untuk ditambahkan sebagai media penyimpanan (storage) secara independen, SAN pada akhirnya memungkinkan biaya kepemilikan yang rendah, dan pada saat yang sama juga meningkatkan Return on Information Management (RoIM) secara siginfikan dibandingkan dengan metoda penyimpanan tradisional.

Produk SAN Seagate OneStor