• Removable Disk

Removable disk merupakan media penyimpanan eksternal yang paling banyak kita jumpai di pasaran, umumnya berupa HDD/SSD dengan kapasitas tertentu dan digunakan dengan dihubungkan ke komputer melalui konektor USB (Universal Serial Bus). Perangkat ini biasa digunakan untuk pemakaian pribadi karena sifatnya yang “stand alone” (berdiri sendiri) disatu komputer.

Ada dua tipe removable disk bersadarkan dimensinya, yaitu:

  • Removable disk berukuran kecil, biasanya berupa HDD berukuran 2.5″ dan digunakan untuk notebook.
  • Removable disk berukuran normal, yakni HDD berukuran 3.5″ yang biasanya digunakan untuk desktop.

Meski begitu, saat ini sudah ada jenis removable disk yang menggunakan teknologi flash, atau yang biasa kita sebut sebagai flash disk.

Kita bisa memilih berbagai removable disk di pasaran, mulai dari yang ber merek hingga tak ber merek. Contoh removable disk bermerk misalnya Seagate.

Kelebihan produk bermerek adalah:

  1. Sudah diintegrasikan dengan aplikasi tertentu di dalamnya, sehingg akan memudahkan dalam penggunaan. Aplikasi-aplikasi yang terintegrasi didalam removable disk diataranya meliputi browser internet, email, dan backup management. Contoh aplikasi tersebut adalah Seagate Duet serta Seagate Portable backup Plus atau Portable Expansion.
  2. Memiliki garansi memadai yang akan bermanfaat bagi pengguna jika terjadi masalah teknis dengan produk.
  3. Umumnya memiliki standar kualitas yang baik.

Removable disk sejatinya bukanlah merupakan storage server, karena penggunaanya lebih bersifat personal, yakni sebagai perangkat penyimpanan data personal. Namun pada tingkat tertentu, removable disk dapat pula difungsikan sebagai storage server dengan kemampuan terbatas. Misalnya dengan cara menghubungkannya ke sebuah server (atau gateway) lalu data dibagikan melalui aplikasi tertentu untuk disimpan didalam removable disk tersebut.

Seagate Wireless Plus Mobile Storage
Seagate Expansion Desktop