RR (Round Robin)

RR merupakan penjadwalan preemptive tanpa prioritas. Proses disela oleh sistem operasi berdasarkan lama waktu berlajalannya proses. Semua proses dianggap penting dan diberi jatah waktu pemakaian proses yang disebut time slice atau quantum. Ketentuan algoritma round robin adalah sebagai berikut:

  • JIka quantum habis dan proses belum selesai maka proses akan dialihkan statusnya menjadi ready dan penjadwal akan dijalankan untuk memilih proses lain untuk dieksekusi.
  • Jika quantum belum habis dan proses sedang menunggu suatu event ataupun operasi I/O maka status proses menjadi blocked dan penjadwal akan dijalankan untuk memilih proses lain untuk dieksekusi.
  • Jika quantum belum habis, tetapi proses telah selesai maka proses diakhiri dan penjadwal akan dijalankan untuk memilih proses lain untuk dieksekusi.

Sebagai contoh

ProcessBurst Time
P153ms
P217ms
P368ms
P424ms

Dengan asumsi quantum time = 20ms maka Gantt Chart penjadwalan prosesnya adalah :

P1P2P3P4P1P3P4P1P3P3
0     20        37         57       77        97    117       12     13     15    112

Waiting Time P1=(134-0-53) = 81ms ; P2=(37-20-17) = 0ms; P3=(162-37-68) = 58ms ; P4=(121-57-24)= 40ms, sehingga

Rerata Waiting Time adalah (81+0+58+40)/4 = 59,7ms. Umumnya algoritma round robin memiliki rata-rata turn roud time yang lebih tinggi dibanding SJF, tetapi dengan response time yang lebih baik.

SRT (Shortest Remaining Time)

SRT merupakan penjadwalan preemptive menggunakan prioritas dinamis. Penjadwalan ini melengkapi SJF. SJF umumnya merupakan penjadwalan non-preemptive, sedangkan SRT merupakan penjadwalan untuk timesharing. Menggunakan algoritma SRT, proses dengan estimasi sisa waktu burst-time terpendek akan dijalankan terlebih dahulu, termasuk proses-proses baru. Proses yang sedang running dapat diambil alih oleh proses baru yang memilki sisa burst-time yang lebih kecil.

Sebagai contoh, jika diketahui:

ProcessArrival TimeBurst Time
P10ms7ms
P22ms4ms
P34ms1ms
P45ms4ms

Gantt Chart unutk penjadwlannya adalah

P1P2P3P2P4P1
0          2            4       5                  7                  11                    16

a. Waiting Time P1=9ms , P2=1ms, P3=0ms, P4=2ms, sehingga

b. Rerata Waiting Time = (9 + 1 + 0 + 2)/4 = 3ms